February 22, 2012

Bidadari Mandi di Gejah Mati desa Sialingan

   
    Dahulu masyarakat Sialingan percaya bahwa pelangi merupakan selendang Bidadari yang sedang mandi ke bumi. Konon mandinya di Gejah Mati atau sebelah utara kampung dua Sialingan. Kepercayaan ini sempat bertahan lama bahkan puluhan  tahun, sampai asimilasi pendidikan menyatakan  bahwa pelangi bukanlah selendang bidadari, melainkan fenomena alam biasa yang disebabkan oleh titik-tititk hujan yang terkena sinar matahari.

    Kepercayaan inipun runtuh, namun Legenda bidadari terus ada dalam sejarah. Seperti cerita Si Pahit Lidah yang mengutuk bidadari yang sedang mandi. Bidadari tersebut sangat sombong kepada Si Pahit Lidah, sampai ia berkata”Bidadari itu sombong seperti batu,” dan kahirnya bidadari pun menjadi batu. Namun, cerita ini ini belum dapat dipastikan oleh masyarakat Sialingan, kareana penyampaiannya hanya dari mulut ke mulut.

    Menurut pengakuan Sobri—ketua adat  Sialingan—menyatakan bahwa bidadari itu tak dapat dilihat karena  hanya berbentuk bayangan yang berwarna-warni. Dan menurutnya, ia sendiri pernah terkena warna itu, perasaannya melayang-layang dan sedikit dihantui rasa takut, seperti perasaan mau mati. Namun, setelah beberapa saat bayangan warna tersebut hilang dan perasaannya normal kembali. Menurutnya itulah bidadari yang turun mandi, namun kita tidak dapat melihatnya secara kasat mata.

    Dalam situs wikipedia dijelaskan bahwa bidadari itu merupakan makhluk kepercayaan Hindu. Ia bertugas untuk menyampaikan pesan dari kayangan  kepada manusia dan juga untuk menguji para petapa (orang-orang yang bertapa) untuk menentukan kekuatan para petapa tahan uji atau tidak.  Dengan ini bidadari bisa disebut juga makhluk kepercayaan hindu pada zaman persebaran agama hindu masuk ke Indonesia.

    Dalala Al-Qur’an dijelaskan bahwa bidadari merupakan makhluk surga yang cantik jelita. Disebutkan juga belum pernah ada yang melihat ataupun menyentuhnya baik itu dari golongan manusia maupun dari golongan jin. Oleh karena itu sebatas ini pembahasan keberadaan bidadari yang turun ke bumi masih rancu, tergantung kepercayaan, adat, dan agama masing-masing.

    Apakah benar itu bidadari-atau hanya kepercayaan atau juga ada jenis makhluk lain yang belum terlalu dikenal oleh manusia secara pasti.Sebatas ini mengenai keberadaan bidadari masih berupa legenda dan perlu data dan penjelasan yang lebih akurat. 

1 comment:

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kulkas-dan-freezer-berbau-lakukan-hal.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/ketagihan-manisnya-kopi-instan-berujung.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kentut-akan-dijadikan-terapi.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/wanita-as-tewa-usai-jalani-proses-sedot.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete