February 05, 2012

Hujan Salju di Sialingan

    Hujan salju di Indonesia sangat jarang terjadi apalagi di dataran sedang. Pernah hujan salju terjadi di daerah pegunungan. Hal ini memang wajar, karena daerah pegunungan udaranya dingin dan memang terkadang berpotesial untuk turun salju.



    Di Sialingan, menurut saksi mata bercerita, memang telah terjadi hujan salju, katanya “sekitar tahun 1986, saat aku melahirkan anakku yang kedua.  Pada saat itu tampak bongkahan es yang berjatuhan sebesar pergelangan tangan.” Cerita ini hapir sulit dipercaya, karena di daerah dataran sedang  Indonesia, sangat sulit  turun salju, namun saksi mata menjelaskan bahwa dia memang pernah melihatnya secara langsung dan keberlangsungannya terjadi khususnya di Desa Sialingan. Petua Sialingan-- Tua Oden--, pada saat  itu berkata “ kalu ade ujan salju biasana bumi mpai nak rame/ Kalau terjadi hujan salju, maka prediksi menjelaskan bahwa dunia akan semakin rame dan semakin maju).
(Wawancara dengan Munia bin Sobri/ Warga Desa Sialingan pada tahun 2012).

    Setelah itu terjadi lagi hujan salju, namun tidak sampai ke tengah desa. Hanya di daerah tanah rambang atau tepatnya kurang lebih 3 kilometer di arah Barat Daya Sialingan. Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2003, saat saksi mata sedang berada di ladangnya. Tampak bongkahan es, yang berjatuhan sebesar ibu jari, kemudian mencair dan hilang. Hujan ini tidak berlangsung terlalu lama, namun menandakan bahwa Hujan salju memang benar-benar ada meskipun tidak di daerah pegunungan.

    Dari cerita saksi mata di atas menjeaskan bahwa di Sialingan memang telah terjadi hujan salju, penyebab berita ini menjadi kabur adalah karena penyampaiannya hanya dari mulut ke mulut. Sehingga perolehan data menjadi rancu dan tidak akurat. Namun, setelah bebearapa orang saksi menegaskan, maka didapati kesamaan cerita yang sama-dan peristiwa yang sama. Oleh karena tu mengenai hujan salju di Silingan, boleh dipercaya karena sumber datapun telah kuat memberikan penjelasan.

No comments:

Post a Comment