September 02, 2012

Kisah Dukun Yang Menikah dengan Siluman di Lubok Buloh desa Sialingan



                Pada zaman dahulu, terdapat seorang dukun hebat dan diakui ketangkasannya di Desa Tanjung Rambang, kecamatan Rambang Kapak Tengah, Prabumulih, Sumetera Selatan. Dukun tersebut diakui hebat karena apabila ada yang meminta dikabulkan hajatnya, maka kebanyakan akan terkabul. Oleh karena itu masyarakat sekitar bahkan tak jarang dari jauh juga antusias untuk meminta pertolongan kepada dukun tersebut.

                Selang berapa lama kemahirannya, dukun tersebut meminta untuk dinikahkan dengan siluman yang ada di Suatu Wilayah. Setalah dikenali ternyata wilayah itu berada di dekat desa Sialingan atau tepatnya di Lubok Buloh (Lubuk Bambu) yang kurang lebih sekitar 100 meter di arah utara Sialingan. Lokasinya berada di dekat Pemakaman Taling Ilir Sialingan. Masyarakat sempat siru juga mendengar kabar berita ini. Namun, akhirnya prosesi dilaksanakan juga dan sempat disaksikan oleh beberapa warga desa Sialingan itu sendiri. Adapun dalam proses pernikahan tampaklah ia sendiri yang dikawinkan, tapi menurutnya ia menikah dengan siluman/ jin yang ada di Lubok Buloh tersebut.

                Setelah berepa lama dari pernikahan tersebut, konon di rumah dukun tersebut ada intan sebesar tungku, yang berada di kamarnya. Intan tersebut bersinar seperti siang hari. Walupun malam hari datang, namun di kamarnya itu tampak terang oleh intan tersebut. Dan dikamar ini juga katanya ia menemui isterinya siluman tersbut. Dan menyampaikan do’a-do’a orang yang sedang minta keberkatannya. (Wawncara dengan Dapsena, Warga Sialingan tahun 2012)

No comments:

Post a Comment