August 09, 2012

Perayaan Idul Adha 2011 desa Sialingan


                Perayaan idul Adha seperti yang kita ketahui adalah perayaan hari raya kurban yang memperingati peristiwa Ibrahim yang akan menyembelih putranya Ismail untuk menguji keimanan Ibrahim seberapa besar cintanya kepada Allah.

                Tak lupa pula hal ini dirayakan di desa Sialingan Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Berbondong-bondong masyarakat pergi menuju Masjid Nurul Yaqin desa Sialingan untuk melakukan shalat  berjamaah. Baik anak-anak, remaja maupun tua-tua. 

                Tampak pula potret dilakukan dilantai dua masjid yang kebanyakan shalat di sini adalah para remaja laki-laki. Ha ini dilakukan karena lantai pertama (satu) memang sudah tidak memungkinkan untuk menopang jumlah jamaah shalat Id secara keseluruhan. Oeh  karena itu, karena lantai dua sudah memungkinkan untuk dinaiki, maka sebagian jamaah mengisi lantai dua, meskipun belum mempunyai atap.

                Begitu gembiranya terpancar dari wajah masayarakt saat menyambut hari raya Islam ini,  karena hal ini bentuk perayaan tahunan yang tentu sangat jarang dirasakan. Dengan ini masarakat sangat antusias untuk melakukan prosesi shalat Idul Adha secara bersama-sama.

                Akan kelihatan juga  foto-foto di bagian bawah yang menggambarkan proses penyembelihan kurban yang dilaksanakan di lapangan di tengah desa tepatnya di dekat balai desa Sialingan. Tampak bapak Sukendar selaku P3n sedang melakukan posesi penyembeihan yang tentu turut dibantu oleh warga untuk memegang binatang kurban supaya tidak meronta. Dengan demikian perayaan idul Adha ini dilaksankan dengan meriah dan mudah-mudahan amal ibadahnya diterima di sisi Allah. Amiiin.

1. Jamaah Menunggu Kedatangan Waktu Shalat Id



2. Potret Lantai Satu Masjid





3. Potret Lantai dua








4. Prosesi Penyembelihan Kurban





4. Persiapan Penjagalan Binatang Kurban

No comments:

Post a Comment