July 07, 2012

Peradaban di Sungai Manau Sialingan



                Aliran Sungai Manau (satu kilometer di sebelah utara Sialingan), konon dahulunya sungai ini merupakan sungai yang besar. Sungai ini juga merupakan tempat jalurnya para pedagang hilir sungai bahkan konon ada juga yang dari daerah Palembang yang pergi menyusuri sungai ini untuk keperluan dagang. Cerita ini menggambarkan bahwa sungai ini dahulunya lebar dan dalam. Namun kenyataanya pada masa sekarang sangatlah kecil sekali bahkan bisa diloncati saja. Keadaan ini bisa disebabkan oleh beberpa faktor, seperti penyusustan kulit bumi, erosi, dan faktor keadaan alam lainnya.

                Adapun mengenai penamaan sungai Manau yakni dari kata Manau (jenis tumbuhan seperti rotan). Terkait dari itu juga dahulunya sungai ini tempat peminuman orang-orang dahulu, dan menamakan sungai ini dengen sungai Manau.

                Adapun kisah lain dari  yang terkait sungai Manau adaah Lubok Perau (lubuk perahu) yang merupakan tempat pelabuhan perahu dagang orang-orang hilir yang hendak berdagang ke desa Sialingan. Dan konon, Lubuk Perahu ini akan didatangi buaya setiap tahun, untuk memperingati kenangan Lubok Perau tersebut.

No comments:

Post a Comment