July 06, 2012

Sejarah Boran Satu Sialingan


                Boran pertama atau biasa disebut boran satu merupakan tempat pertama sekali pengeboran minyak bumi untuk wilayah komplek Pertamina Sialingan Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim. Boran ini pertama kali dilakuakan pada zaman penjajahan Belanda  sekitar tahun 1915-an  oleh pihak Belanda sendiri yang nama perusahaannya dahulu adalah BPM (Batapso Patarlio Maskapai) . Mengingat dahulunya semua kekuasaan dan  perusahaan ada di tangan Belanda, jadi pada saat itu Belanda berkuasa penuh untuk menggaruk keuntungan di daerah khususnya Sialingan. (Wawancara Dengan Dapsena, Petua Sialingan tahun 2011)

                Mengenai nama perusahaan asal muasal nama Perusahaan Pertamina adalah yang pertama BPM (Batapso Patarlio Maskapai), kemudian PT Sell, setelah itu baru Pertamina (Pertambangan Minyak Nasional). Nama-nama ini berganti seiring perubahan waktu dan pergantian para pemegang perusahaan itu sendiri. Jadi sejarah nama Pertamina juga mempunyai catatan di wilayah Desa Sialingan. (Wawancara dengan Sobri/ Ketua Adat desa Sialingan tahun 2012) 

                Boran ini terletak di Wilayah Timur kampung dua Desa Sialingan atau biasa disebut dengan kampung seberang tepatnya di atas tebing setelah sungai Hulu Beton (Sungai Di Tengah Desa Sialingan). Namun, seiring berjalannya waktu, maka perubahan demi perubahan terus terjadi, sampai sekarang ini tempat ini telah berubah menjadi tempat kegiatan Tambak Ikan dan Pembibitan tumbuhan yang dikelola oleh Karang Taruna beserta pihak trekait lainnya. Dengan ini menyatakan bahwa keadaan tempat ini tidaklah menjadi ciri khas lagi tempat bersejrah dikarenakan terjadi perombakan dan demi penggunaan lahan secara lebih potensial.

Berikut adalah fotonya  pada tahun 2012


No comments:

Post a Comment